PERSEPSI KELUARGA DALAM MENDAMPINGI IBU YANG MELAHIRKAN DI MASA PANDEMIC COVID-19 DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS UMBAN SARI

Authors

  • Cindyana Rosalinda Fakultas Keperawatan Universitas Riau
  • Erika Erika Fakultas Keperawatan Universitas Riau
  • Ade Dilaruri Fakultas Keperawatan Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31258/rnj.1.1.38-50

Keywords:

Pandemi COVID-19, Persalinan, Dukungan Keluarga, Persepsi Keluarga Dalam Mendampingi Ibu Melahirkan, Studi Fenomenologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali fenomena persepsi keluarga dalam mendampingi ibu yang melahirkan di masa pandemi COVID-19. Penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, yang dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Umban Sari kecamatan Rumbai, yang melibatkan 6 partisipan. Partisipan dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan wawancara semi-struktur dengan pedoman wawancara, proses analisa data pada pendekatan penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode Colaizzi 1978. Penelitian menemukan ada 4 tema yaitu: (1) perasaan keluarga mendampingi ibu melahirkan dimasa pandemi COVID-19, (2) cara keluarga mengatasi perubahan psikologi (3) dukungan yang diberikan keluarga (4) kesulitan yang dihadapi keluarga. Terdapat perbedaan persepsi keluarga saat mendampingi ibu melahirkan dimasa pandemi COVID-19. Penelitian ini diharapkan agar keluarga selalu mendampingi ibu selama proses persalinan karena dukungan yang diberikan oleh keluarga dapat memberikan kenyamanan pada ibu saat bersalin.

References

Ambarwati, W. N. (2015). Respon Dan Koping Perempuan Jawa Selama Proses Melahirkan Secara Normal Di Surakarta.

Arifin, A., Kundre, R., Rompas, S., Studi, P., Keperawatan, I., Kedokteran, F., Sam, U., & Manado, R. (2015). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kecemasan Ibu Hamil Menghadapi Proses Persalinan Di Puskesmas Budilatama Kecamatan Gadung Kabupaten Buol Propinsi Sulawesi Tengah (Vol. 3).

Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru. (2022). Profil kesehatan kota pekanbaru tahun 2022. Pekanbaru: Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru.

Dwiwanto, T. P., Putri, A. M., & Sudiadnyani, N. (2021). Hubungan Dukungan Suami Dengan Kecemasan Ibu Hamil Menjelang Persalinan Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan. https://doi.org/10.33024/jikk.v8i2.4060

Friedman. (2013). Keperawatan keluarga. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Idawati & Yenie, H. (2014). Penelitian Dukungan Keluarga Terhadap Kelancaran Proses Persalinan Di Bps Muksinin. In Jurnal Keperawatan: Vol. X (Issue 1). https://doi.org/10.26630/jkep.v10i1.316

Kartika, I., & Claudya, T. P. (2021). Hubungan dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan ibu hamil menghadapi proses persalinan. Journal of Midwifery and Public Health, 3(2), 47-52.

Kemenkes RI. (2020). Pedoman dan pencegahan coronavirus (COVID- 19). Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Mahmudah, D. (2010). Hubungan Dukungan Keluarga Dan Religiustas Dengan Kecemasan Melahirkan Pada Ibu Hamil Anak Pertama Primigravida.

Marmi. 2016. Intranatal care. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Murray, M. L. & Huelsman M. Gayle. (2013). Persalinan dan melahirkan. Jakarta: EGC.

Nasution, D. L. H. (2015). Gambaran Kecemasan Suami menghadapi Istri Bersalin Normal pada Primigravida di Rumah Sakit Bersalin Sundari Medan Tahun 2015. Jurnal Kebidanan.

Nolan, Mary. (2010). Kelas Bersalin. Yogyakarta : Golden Books.

Nurjanah, S., & Indrawati. (2013). Tingkat kecemasan suami saat menghadapi persalinan istri di rsu Asy-syifa Sambi Boyolali. In jurnal.stikesaisyiyah.ac.id.

POGI, 2020. Update rekomendasi penanganan infeksi virus corona (Covid-19) pada maternal (hamil, bersalin, dan nifas). Jakarta: Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia, Pokja Infeksi Saluran Reproduksi. pp.1-7.

Rahmawati, I. V. (2020). Modul terapi family psycoeducation (fpe) untuk keluarga: mengatasi masalah-masalah psikologis keluarga. Malang: Media Nusa Creative.

Downloads

Published

2022-10-31