HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG KESEHATAN MENTAL DENGAN STATUS MENTAL REMAJA

Authors

  • Arni Febrianti Fakultas Keperawatan Universitas Riau
  • Veny Elita Fakultas Keperawatan Universitas Riau
  • Wan Nishfa Dewi Fakultas Keperawatan Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31258/rnj.1.1.70-79

Keywords:

Pengetahuan, remaja, status mental

Abstract

Remaja merupakan salah satu kelompok yang rentan terhadap masalah kesehatan mental. Pengetahuan tentang kesehatan mental perlu dimiliki remaja untuk mempertahankan status mentalnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan tentang kesehatan mental dan karakteristik demografi dengan status mental remaja. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru dengan menggunakan desain penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan cross-sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 75 responden yang dipilih dengan teknik proportional stratified random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner pengetahuan tentang kesehatan mental dan Strengths and Difficulties Questionnaire (SDQ) yang telah dilakukan uji validitas dan reliabelitas. Analisa data yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat (chi square). Mayoritas responden berjenis kelamin perempuan (60%), sebagian besar responden merupakan anak tengah (33,3%), sebagian besar pendapatan keluarga responden tinggi (62,7%) dan mayoritas responden berasal dari etnis Melayu (41,3%). Pengetahuan remaja sebagian besar dalam kategori kurang (38,7%), gambaran status mental remaja sebagian besar dalam kategori abnormal (40%). Terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan tentang kesehatan mental dengann status mental remaja dengan p-value 0,000 < α (0,05). Pengetahuan tentang kesehatan mental memiliki hubungan yang signifikan dengan status mental remaja. Untuk meningkatkan pengetahuan dan mengurangi jumlah status mental abnormal pada remaja, dapat dilakukan intervensi yang berfokus pada edukasi tentang kesehatan mental oleh tenaga kesehatan.

References

Cheng, S., An, D., Yao, Z., Jing, J., Liu, W., Ning, X., et al. (2021). Association between mental health knowledge level and depressive symptoms among chinese college students. International journal of environmental research and public health, 7.

Devita, Y. (2019). Prevalensi masalah mental emosional remaja di kota Pekanbaru. Jurnal Keperawatan Priority, 2(1).

Direja. A. H. (2011). Asuhan keperawatan jiwa. Yogyakarta: Nuha Medika

Herdianti, R., Erika., & Nauli, A. (2021). Hubungan antara rasa syukur terhadap kesehatan mental remaja di SMA 8 Pekanbaru. Jurnal Ners Indonesia, 11 (2).

Julnisa, G. (2020). Hubungan tingkat pengetahuan dan perilaku remaja dengan kesehatan mental di SMAN 4 Palangkaraya. Skripsi. Poltekkes kemenkes Palangkaraya

Kementerian Kesehatan RI. (2018). Hasil riset kesehatan dasar (Riskesdas) 2018. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI.

Karina, N., & Herdiyanto, K. (2017). Perbedaan regulasi diri ditinjau dari urutan kelahiran dan jenis kelamin remaja bali. Jurnal Psikologi Udayana, 79-88

Kurniaseputra, E., Rahayu, B. M. S., & Livolina, L. (2015). Hubungan pengetahuan dengan sikap kesehatan jiwa remaja di smk x Cimahi. Jurnal Keperawatan, 1 1–8

Malfasari, E., Febtrina, R., & Herniyanti, R. (2020). Kondisi mental emosional pada remaja. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(3), 241–246.

Notoatmodjo S. (2012). Promosi kesehatan dan perilaku kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Novianty, A. (2018). Literasi kesehatan mental: pengetahuan dan persepsi publik mengenai gangguan mental. Jurnal Magister Psikologi, 9(2), 68.

Raufida, S. A., Wardani, I. Y., & Panjaitan, R. U. (2021). Dukungan sosial Teman sebaya dan masalah kesehatan jiwa pada remaja. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 4(1), 175–184.

Rozali, Y. A., Sitasari, N. W., & Lenggogeni , A. (2021). Meningkatkan kesehatan mental di masa pandemic. Jurnal Abdimas, 7(2), 109-113.

Sain, F. (2020). Gambaran tingkat pengetahuan dan status kesehatan jiwa mahasiswa Universitas Hasanuddin. Skripsi. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Saputra, F. A., Ranimpi, Y. Y., & Pilakoannu, R. T. (2018). Kesehatan mental dan koping strategi di Kudangan, Kecamatan Delang, Kabupaten Lamandau Kalimantan Selatan Tengah: suatu studi sosiodemografi. Indonesian Psychological Journal, 63-74.

World Health Organization. (2018). Mentalh health: Strengthening our response. Retrieved Januari 09, 2021, from https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/mental-health-strengthening-our-response

Downloads

Published

2022-10-31