GAMBARAN DUKUNGAN KELUARGA DAN KUALITAS HIDUP ANAK LEUKEMIA USIA SEKOLAH

Authors

  • Dewi Zurfiyanti Fakultas Keperawatan Universitas Riau
  • Ganis Indriati Fakultas Keperawatan Universitas Riau
  • Yufitriana Amir Fakultas Keperawatan Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31258/rnj.1.1.182-195

Keywords:

Kualitas hidup anak leukemia, Dukungan keluarga, Anak

Abstract

Kualitas hidup diartikan sebagai istilah yang merujuk pada emosional, sosial dan kesejahteraan fisik seseorang serta kemampuan aktifitas dalam kehidupan sehari-hari. Semakin meningkatnya kualitas hidup anak leukemia limfoblastik akut, menunjukkan bahwa meskipun kondisi sakit dan pengobatan, anak tetap dapat menjalani kehidupan dengan baik. Penelitan ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Ruang Rawat Lili Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Provinsi Riau dengan mempertimbangkan kriteria inklusi, 50 sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Kuesioner yang diuji validitas dan reliabilitasnya berfungsi sebagai alat ukur. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat. Hasil koefisien korelasi yang ditemukan sebesar 0,818 termasuk pada kategori sangat kuat. Artinya, terdapat pengaruh yang kuat antara variabel dukungan keluarga dan kualitas hidup anak leukemia usia sekolah. Hasil pencarian  koefisien determinasi disimpulkan bahwa besarnya pengaruh variabel dukungan keluarga terhadap kualitas hidup anak leukemia usia sekolah yaitu sebesar 64%, sisanya 36% dipengaruhi faktor lain diluar kajian penelitian ini seperti faktor stres anak, faktor ekonomi keluarga dan faktor pengobatan. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyimpulkan bahwa dukungan keluarga dengan anak leukemia usia sekolah yang dirawat pada Ruang Rawat Lili Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Provinsi Riau sejauh ini sudah berjalan dengan baik. Penelitian ini diharapkan menambah pengetahuan keluarga tentang bagaimana pengaruh kualitas hidup anak leukemia usia sekolah, dimana keluarga diharapkan mampu mengenal dan memahami tentang keadaanyang dapat mempengaruhi kualitas hidup anak leukemia usia sekolah, Bagi petugas kesehtan agar dapat kiranya meningkatkan motivasi pada keluarga untuk kualitas hidup anak leukemia usia sekolah dan khususnya perawat dirumah sakit untuk dapat memberikan asuhan keperawatan yang komprehensif bagi anak leukemia dan keluarganya secara komprehensif

References

Almatsier, S. (2014). Prinsip-prinsip ilmu gizi. Jakarta. PT Gramedia Utama.

Amelia. (2021). Hubungan Frekuensi Kemoterapi dan Dukungan Keluarga Dengan Kualitas Hidup Penderita Leukemia Pada Anak Usia Sekolah (6-12 tahun) di Ruang Melati RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda. Naskah Publikasi. Universitas Muhammadiyah : Kalimantan Timur.

Kulsum, D. U., Mediani, H. S., & Bangun, A. V. (2017). Pengaruh Swedish Massage Therapy terhadap Tingkat Kualitas Hidup Penderita Leukemia Usia Sekolah. Jurnal Keperawatan Padjadjaran, 5 (2)

Misgiyanto & Susilawati, D. (2015). Hubungan antara dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan penderita kanker serviks paliatif. Semarang: Universitas Diponegoro.

Novrianda, D., Yetti, K., & Agustini, N. (2016). Faktor-faktor berhubungan dengan kualitas hidup anak leukemia limfositik akut yang menjalani kemoterapi. Jurnal Keperawatan Padjadjaran, v4 (n1), 1–10. https://doi.org/10.24198/jkp.v4n1.1

Mira Irmawati. (2018). Penilaian Kualitas Hidup Anak Penderita Kanker. Jurnal Ilmu Kesehatan Anak. Vol. 7 No. 2.

Notoatmodjo,S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Novrianda, Dwi, (2021). Leukemia limfoblastik akut (manajemen pengobatan dan perawatan serta pengukuran kualitas hidup anak, Rajawali Pers, Depok

Riduwan, & Sunarto. (2011). Pengantar Statistika: Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Shinta Dwi Utama. (2021). Hubungan Dukungan Keluarga dan Kualitas Hidup Pada Anak Usia 2-18 Tahun Dengan Leukimia: Literature Review. Naskah Publikasi. UNY: Yogyakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Videbeck, Sheila. (2016). Buku ajar keperawatan jiwa, Jakarta. EGC

Wong, Donna L. (2018). Pedoman Klinis Keperawatan Pediatrik. (Edisi Terjemahan) Jakarta: penerbit buku kedokteran EGC.

Downloads

Published

2022-10-31